Kamis, 31 Mei 2012

Brendan Rodgers Latih Liverpool

Metrotvnews.com, Liverpool: Brendan Rodgers dikabarkan menyetujui kesepakatan untuk melatih Liverpool selama tiga tahun. Saat ini Liverpool tengah mendiskusikan kompensasi sebesar £4 juta sampai £5 juta untuk Swansea demi mengamankan Rodgers.

Liverpool telah memecat Kenny Dalglish, 16 Mei lalu. Dalglish dipecat setelah hanya mampu membawa Liverpool menempati posisi kedelapan klasemen akhir Liga Primer. The Reds tertinggal 17 angka dari zona Liga Champions, dan mampu merebut Piala Liga dan melaju hingga final Piala FA.

Sebaliknya, Rodgers bisa membawa Swansea tampil impresif di musim pertama mereka di Liga Primer, termasuk mengalahkan Liverpool 1-0 di pertandingan terakhir musim lalu.

Sebelum memutuskan mendekati Rodgers, Liverpool sempat dikaitkan dengan beberapa nama pelatih, seperti Roberto Martinez, Andre Villas-Boas, Fabio Capello dan Frank de Boer. Liverpool mendekati Rodgers, setelah tak berhasil mendapatkan Martinez atau Villas-Boas.

Swansea merilis pernyataan resmi dari pimpinan klub Huw Jenkins di situs resmi klub. "Saya dihubungi Liverpool tadi malam. Mereka menyampaikan keinginan untuk berbicara dengan Brendan terkait posisi kosong manajer mereka," kata Jenkins di situs klub.

"Saya lalu menghubungi Brendan dan mendiskusikan tentang ketertarikan Liverpool dan pandangannya atau apakah dia ingin berbicara dengan Liverpool," tambah Jenkins.

Rodgers ternyata tertarik, bahkan sudah melakukan pembicaraan dengan manajemen Liverpool. "Setelah pembicaraan dengan pemilik Liverpool, Brendan mengabarkan dia menerima tawaran melatih Liverpool," papar Jenkins. "Kami akan berusaha untk menyelesaikan masalah ini dalam 24

jam ke depan," tukas Jenkins.

Bergabungnya Rodgers dengan Liverpool mengundang berbagai komentar, termasuk dari legenda Inggris Gary Lineker dan manajer Real Madrid Jose Mourinho. "Saya kira penujukan ini pilihan yang cerdas. Benar-benar akan mengembangkan permainan," kata Lineker.

Rodgers, kata Mourinho, pernah jadi pelatih junior Chelsea di masa kepelatihan The Special One. "Saya menyukai dia. Dia sangat ambisius dan pandangannya soal sepakbola tak berbeda dengan saya. Dia sangat terbuka, mau belajar dan bisa berkomunikasi," ujar Mourinho.

Karir manajerial Rodgers di Watford pada 2008 setelah sempat melatih di Reading dan Chelsea. Selanjutnya Rodgers membawa Swansea ke Liga Primer pada Mei 2011, sekaligus menjadikan Swansea klub Wales pertama yang menembus Liga Primer. (bbc/DOR)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar