Senin, 07 Mei 2012

Steven Gerrard Perangi Kegemukan

KAPTEN Liverpool Steven Gerrard dan bintang acara memasak di televisi Jamie Oliver mendesak pemerintah Inggris memerangi kegemukan di kalangan anak-anak sekolah. Gerrad, Oliver, dan sejumlah tokoh pendidikan dan kesehatan resmi meluncurkan kampanye mereka, kemarin.

Kampanye ditandai dengan pengiriman surat terbuka yang mendesak agar memasak menjadi salah satu mata pelajaran di sekolah kepada Perdana Menteri David Cameron. Mereka mengatakan, harus ada pelajaran memasak untuk anak-anak usia 4-14 tahun.

Para tokoh masyarakat ini mengatakan, kebanggaan Inggris menggelar Olimpiade tahun ini 'dinodai' oleh kenyataan Inggris adalah negara paling gemuk di Eropa. "Namun pada saat yang sama Olimpiade juga bisa menjadi pintu masuk untuk melakukan perubahan ke arah yang lebih baik," ujar mereka.

Dalam surat kepada PM Cameron, mereka mengatakan, mengajarkan kepada anak-anak bagaimana menyiapkan makanan yang sehat dan bergizi akan menjadi salah satu langkah penting memerangi kegemukan. Tanpa kemampuan memasak, orang-orang tak punya banyak pilihan dan akhirnya membeli makanan jadi di swalayan atau restoran cepat saji. Kampanye ini didukung berbagai organisasi, antara lain Asosiasi Dokter Anak Inggris.

"Inggris tercatat sebagai negara dengan tingkat obesitas tertinggi di Eropa. Satu dari tiga murid kelebihan berat badan. Kalau tidak segera dilakukan perubahan, jumlah warga Inggris yang terkena diabetes, penyakit jantung, dan tekanan darah tinggi akan membengkak," kata Ketua Asosiasi Dokter Anak Inggris Terence Stephenson seperti dilansir BBC.

Stephenson menambahkan, "Kita harus bertindak sekarang juga. Tetapi kami tidak bisa melakukannya sendirian. Harus ada dukungan dari orang tua, sekolah, pakar kesehatan, dan pemerintah."

Gerrard dikenal sebagai duta besar program Get Up Get Moving yang ditujukan untuk mendorong anak-anak lebih sering berolahraga dan mengonsumi makanan sehat. Sedangkan Oliver dikenal sering memimpin kampanye makanan sehat. Sebelumnya Oliver terjun langsung ke berbagai sekolah di Inggris dan mengganti menu makan siang dengan makanan-makanan sehat.(go4/***)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar