Jumat, 31 Agustus 2012

Gol Suarez Loloskan The Reds

Achmad Firdaus - Okezone
Jum'at, 31 Agustus 2012 04:27 wib
Suarez saat membobol gawang Hearts untuk mengantar Liverpool lolos ke fase grup Europa League (Foto: Phil Noble/Reuters)
Suarez saat membobol gawang Hearts untuk mengantar Liverpool lolos ke fase grup Europa League (Foto: Phil Noble/Reuters)
LIVERPOOL - Liverpool nyaris dipaksa bermain hingga perpanjangan waktu saat menjamu Hearts of Midlothian FC pada babak playoff Europa League. Luis Suarez jadi penyelamat The Reds berkat golnya jelang pertandingan berakhir.

The Reds menjamu Hearts pada leg kedua playoff Europa League di markasnya, Anfield Stadium, Jumat (31/8/2012) dini hari WIB. Pada laga ini, Liverpool hanya butuh hasil imbang untuk bisa lolos ke putaran final, menyusul kemenangan 1-0 di markas klub asal Skotlandia itu pada leg pertama.

Pelatih Brendan Rodgers sedikit melakukan spekulasi dengan memberikan debut kepada bomber belia berusia 18 tahun, Adam Morgan untuk mendampingi Luis Suarez di lini depan. Fabio Borini harus rela duduk di bangku cadangan, sementara Andy Carroll tidak di bawa karena tengah menyelesaikan proses kepindahannya ke West Ham United dengan status pinjaman.

Meski demikian, Liverpool tetap mampu tampil dominan atas tamunya. Morgan yang notabene pemain binaan Liverpool bahkan sempat mencetak gol pada menit ke-31. Sayang, gol tersebut dianulir lantaran bola hasil umpan Luis Suarez dinyatakan telah terlebih dulu keluar lapangan. Alhasil skor 0-0 bertahan di babak pertama.

Memasuki babak kedua, Hearts yang butuh kemenangan 2-0 untuk membalikkan keadaan, coba meningkatkan intensitas serangan. Tim yang dimotori John Sutton di lini depan ini mulai memberikan ancaman ke gawang Liverpool yang dikawal Pepe Reina.

Sementara itu, Liverpool juga terus menekan. Suarez membuang kesempatan mencetak gol pada menit ke-62. Menerima umpan terobosan Jordan Henderson, bomber Uruguay ini sukses mengecoh kiper Jamie MacDonald. Sayang, tembakannya masih bisa diblok oleh pemain belakang, Dylan MacGowan.

Ketika tengah asyik menyerang, Liverpool dikejutkan dengan gol Hearts yang dicetak David Templeton di menit ke-84. Striker asal Skotlandia ini melepaskan tembakan dari luar kotak penalti yang gagal diantisipasi dengan baik oleh Reina.

Hearts unggul 1-0, sekaligus menyamakan agregat 1-1. Jika kedudukan ini terus bertahan, maka pertandingan akan dilanjutkan ke perpanjangan waktu.

Tak ingin hal tersebut terjadi, Liverpool merespon dengan meningkatkan intentitas serangan. Hasilnya, empat menit berselang, atau dua menit sebelum laga usai, Suarez tampil sebagai pahlawan The Reds.

Mendapat bola di tengah lapangan, mantan bomber Ajax Amsterdam ini meliuk-liuk melewati hadangan pemain belakang Hearts sebelum akhirnya melepaskan sepakan terarah untuk membawa Liverpool menyamakan kedudukan menjadi 1-1. Dengan hasil itu, Liverpool menang dengan agregat 2-1, sekaligus memastikan diri lolos ke fase grup Europa League.

Susunan Pemain:
Liverpool:
Reina; Kelly, Carragher, Skrtel, Downing; Gerrard, Allen, Henderson; Shelvey, Morgan, Suarez.

Hearts: MacDonald; R McGowan, Webster, Zaliukas, Grainger; Paterson, Barr, Taouil, Novikovas, Templeton; Sutton (acf)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar