Rabu, 21 Maret 2012

Liverpool Ogah Main di Hari Tragedi Hillsborough

TEMPO.CO, Liverpool - Pelatih Liverpool, Kenny Dalglish menegaskan timnya tidak ingin bermain laga semi final Piala FA pada 15 April 2012 mendatang. Pelatih asal Skotlandia itu beralasan tanggal tersebut bertepatan dengan tragedi Hillsborough.

Pada undian Ahad 18 Maret 2012 kemarin, dua laga semi final bakal digelar pada 14 dan 15 April. Dalglish pun sudah meminta Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA) agar timnya bermain pada tanggal 14. “Kami tidak akan bermain pada tanggal 15,” kata Dalglish.

Liverpool sendiri memang tidak pernah bermain di tanggal 15 April. Karena tanggal itu selalu disiapkan untuk mengenang korban dari tragedi Hillsborough. Acara memorial biasanya digelar di Anfield.

Sebelumnya permintaan The Reds untuk tidak bermain di tanggal 15 April juga sering diterima oleh pihak FA, Liga Primer, dan UEFA. Sejarah itu yang membuat Dalglish yakin timnya tidak akan bermain di hari berdarah sepanjang sejarah klub itu. “Kami belum pernah bermain di tanggal 15 sebelumnya,” ujar pelatih berjulukan King Kenny itu.

Tragedi berdarah itu terjadi di Hillsborough Stadium, markas dari tim Sheffield Wednesday pada 15 April 1989. Saat itu Liverpool bertanding melawan Notthingam Forrest di semi final Piala FA. Peristiwa berdarah ini terjadi karena para suporter saling berdesakan di stadion.

Korban yang berjumlah mencapai 96 orang membuat peristiwa ini dianggap sebagai tragedi terburuk sepanjang sejarah sepak bola Inggris. Kesemua korban itu merupakan pendukung Liverpool.

TELEGRAPH | IRVAN SAPUTRA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar