Minggu, 01 April 2012

Newcastle vs Liverpool Liverpool Kalah Lima Kali Beruntun

Windi Wicaksono - Okezone

Papiss Demba Cisse merayakan gol di sampin Shelvey (Foto: Getty)
NEWCASTLE – Newcastle United sukses mempermalukan tamunya, Liverpool dengan skor 2-0 dalam laga lanjutan kompetisi Premier League Minggu (1/4/2012). Papiss Demba Cisse jadi bntang lapangan dengan mencetak dua gol.

Bertindak sebagai tuan rumah, Newcastle bermain menunjukkan determinasi, di awal babak pertama mereka mencoba mendominasi permainan, meski Liverpool juga mampu meladeni serangan yang dibangun tim asuhan Alan Pardew ini.

The Magpies sendiri lebih sering mengandalkan umpan-umpan silang dalam menggempur pertahanan The Reds yang ditinggal Daniel Agger karena cedera.

Kombinasi satu-dua dari barisan penyerang Newcastle, Papiss Demba Cisse dan Demba Ba juga tak jarang membahayakan gawang Pepe Reina. Sementara Liverpool lebih banyak menyerang dari kaki Steven Gerrard sebagai motor serangannya.

Pada menit ke-19, Newcastle mampu memecah kebuntuan ketika sundulan Cisse menyambut crossing Hatem Ben Arfa tak mampu dibendung Reina yang terlanjur mati langkah. Skor 1-0 Newcastle memimpin sementara.

Setelah tertinggal, The Reds bermain lebih ofensif, tapi serangan Liverpool sulit menembus pertahanan Newcastle, yang malam ini memang bermain disiplin. Keasyikan menyerang, pasukan gawang Reina malah kembali nyaris kebobolan, lagi-lagi lewat Cisse, sayang bola tipis melebar di samping gawang Liverpool. Hingga peluit babak pertama berakhir, skor masih 1-0 untuk keunggulan Newcasle.

Babak kedua

Unggul 1-0 tak membuat Newcastle mengendurkan serangan mereka, bahkan mereka terbilang tetap konsisten dengan determinasi permainan yang mereka terapkan sejak babak pertama.

Sementara permainan pasukan The Reds masih mandek, tak ada serangan yang cukup membahayakan gawang Tim Krul. Lemahnya lini tengah Liverpool yang diisi Jay Spearing dan Jonjo Shelvey juga banyak dimanfaatkan oleh eksplosivitas gelandang The Magpies, Yohan Cabaye dan Cheik Tiote.

Alhasil, Newcastle mampu menggandakan keunggulan pada menit ke-59, lagi-lagi melalui Cisse. Gol tersebut terbilang cantik, setelah umpan silang mendatar dari Demba Ba, Cisse terlebih dahulu mengecoh Reina dan menempatkan bola di sudut kanan bawah gawang The Reds, tuan rumah memimpin 2-0.

Kondisi ini seolah membuat para pemain Liverpool frustrasi, meski sudah memasukkan Dirk Kuyt yang menggantikan Andy Carroll, serta Stewart Downing untuk menggantikan Shelvey, Liverpool tak mampu jaga merobek gawang The Magpies.

Bahkan, The Reds terpaksa harus bermain dengan sepuluh orang saat Pepe Reina diganjar kartu merah oleh wasit Martin Atkinson pada menit ke-81. Kartu merah itu sendiri terjadi karena Reina yang merasa ditekel oleh James Perch marah dan menanduk kepala bek Newcastle tersebut, sayangnya kejadian tersebut dilihat wasit dan kiper asal Spanyol itu langsung diusir ke luar lapangan.

Karena Liverpool sudah mengganti tiga orang pemain, terpaksa Jose Enrique yang diplot sebagai penjaga gawang Liverpool hingga laga berakhir. Meski unggul pemain, Hatem Ben Arfa dan kawan-kawan juga malah tampak mengurangi serangan mereka dan memilih bermain aman. Hingga peluit tanda laga berakhir, skor tak berubah, Liverpool kalah 2-0 dari tuan rumah Newcastle. Kekalahan ini merupakan kelima kali secara beruntun di Premier League.

Susunan pemain kedua tim:

Newcastle: Krul; Simpson, Williamson, Perch, Gutierrez; Guthrie (Gosling 65), Tiote, Cabaye; Ben Arfa (Santon 90), Cisse (Ameobi 74), Ba.

Liverpool: Reina; Flanagan, Carragher, Skrtel, Enrique; Gerrard, Spearing, Shelvey (Downing 75); Bellamy (Henderson 79), Carroll (Kuyt 79), Suarez.

(win)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar