Jumat, 08 Juni 2012

Media Inggris Menyoroti Penggunaan Kata Negrito

Nama Daniel Pacheco tiba-tiba hangat diperbicangkan. Sejumlah media Inggris seperti Dailymail, Metro, Express, bahkan Soccernet dan ESPN menyoroti kelakuan pemain muda Liverpool itu yang menyebut rekan setimnya, Glen Johnson, dengan kata negrito di Twitter.
Kalimat negrito terselip dalam pesan yang dikirimkan Pacheco pada Johnson. Ia bermaksud memberi semangat karena rekan setimnya itu akan bertarung di Euro 2012 bersama tim nasional Inggris pada 8 Juni - 1 Juli mendatang.
"@glen_johnson good luck negrito!!!!" tulis Pacheco dalam akunTwitter-nya, @dani37pacheco.
Sadar kalimat itu memicu kontroversi, Pacheco langsung mengklarifikasi di akun Twitter-nya: I Allready explained in past what Negrito could mean. Good or bad depends how you say it. I always called @glen_johnson it in terms of love.
Dan tweet terakhirnya dari Pacheco berbunyi: "@glen_johnson speaks Spanish and he knows what that means when I say it to him. He is one of best mates there for me."
Di Inggris dan beberapa negara Eropa lainnya, kata negro merupakan kata yang sensitif karena konotasinya bisa dianggap rasis. Bahkan Luis Suarez sempat mendapat skorsing delapan pertandingan setelah menyebut Patrice Evra dengan kata negrito.

 Ade Jayadireja - bolanews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar