Senin, 11 Juni 2012

EURO 2012 : Dramatis, Yunani Tahan Polandia

VIVAbola - Yunani secara dramatis mampu menahan imbang tuan rumah, Polandia 1-1 di laga pembuka Piala Eropa yang digelar di National Stadion, Warsawa, Jumat, 8 Juni 2012 (Sabtu dinihari WIB). Yunani mampu mencuri satu poin setelah sempat tertinggal satu gol dan bermain dengan 10 orang sejak menit 44.

Memulai babak pertama, Yunani langsung mendapat tekanan dari Polandia yang mengambil inisiatif serangan. Beberapa kali barisan pertahanan Yunani harus bekerja keras menghalau serangan gencar tuan rumah. Gawang Yunani akhirnya kebobolan di menit 17 lewat gol Robert Lewandowski yang memanfaatkan umpan silang Jakub Blaszczykowski.

Di babak ini, Yunani tampak kesulitan keluar dari tekanan Polandia. Bahkan Yunani harus bermain dengan 10 pemain setelah beknya, Sokratis Papastathopoulos mengantongi dua kartu kuning di menit 44 usai melanggar Murawski.

Posisi tertinggal tidak membuat Yunani patah arang. Juara Piala Eropa 2004 ini coba mengambil alih dominasi bola sejak babak kedua. Usaha Yunani membuahkan hasil di menit 50 dengan mencetak gol penyeimbang.
Gol tercipta dari kesalahan kiper Polandia, Wojciech Szcz?sny yang gagal mengamankan umpan silang Torosidis. Bola liar lalu bisa dimaksimalkan oleh Salpingidis yang langsung menyepak keras ke gawang Polandia yang sudah tidak terjaga.

Menit 69, petaka kembali menghampiri kubu Polandia. Lagi-lagi Wojciech Szcz?sny melakukan kesalahan setelah tanpa sengaja mengganjal Salpingidis yang lolos dari offside. Wasit tanpa ragu melayangkan kartu merah kepada Szcz?sny sekaligus hadiah penalti bagi Yunani.

Sayang kesempatan emas itu tidak bisa dimaksimalkan oleh Giorgos Karagounis yang ditugaskan menjadi eksekutor. Bola sepakannya yang mengarah ke sisi kiri gawang berhasil dihalau dengan baik oleh kiper pengganti, Tyton. Kedua tim coba terus melakukan jual beli serangan. Namun hingga laga usai, skor tidak berubah. 1-1 untuk kedua tim.

Susunan Pemain

Polandia:
Wojciech Szcz?sny; Damien Perquis, Marcin Wasilewski, Sebastian Boenisch, Lukasz Piszczek; Rafal Murawski, Eugen Polanski, Maciej Rybus (Przemyslaw Tyton, 70'), Jakub Blaszczykowski, Ludovic Obraniak; Robert Lewandowski

Yunani:
Kostas Chalkias; Avraam Papadopoulos (Kyriakos Papadopoulos, 37'), Sokratis Papastathopoulos, Jose Holebas, Vasilis Torosidis; Kostas Katsouranis, Giorgos Karagounis, Giannis Maniatis; Georgios Samaras, Theofanis Gekas (Konstantinos Fortounis, 68'), Sotiris Ninis (Dimitrios Salpingidis, 45') 

• VIVAbola

Tidak ada komentar:

Posting Komentar