Jumat, 26 April 2013

Joey Barton Bela Suarez Pasca Gigit Ivanovic

Okdwitya Karina Sari - detikSport
Senin, 22/04/2013 11:34 WIB
Andrew Yates/AFP
London - Striker Liverpool, Luis Suarez, tidak selamanya mendapat kecaman atas aksinya menggigit lengan bek Chelsea, Branislav Ivanovic. Aksi Suarez itu mendapat pembelaan dari Joey Barton.

Suarez memang sudah mengaku salah dan meminta maaf terhadap Ivanovic yang diumumkan melalui Twitter pribadinya. Meski begitu, penyerang internasional Uruguay ini diyakini tidak akan lolos dari hukuman.

Kejadian itu memperpanjang daftar kontroversi yang dilakukan Suarez sepanjang kariernya. Sedangkan soal menggigit lawan, pesepakbola yang lahir pada 24 Januari 1987 itu pernah melakukannya pada 2010 ketika masih berseragam Ajax Amsterdam sehingga dijatuhi skorsing sepanjang tujuh laga.

Di saat berbagai reaksi keras mengarah kepad Suarez, Barton justru melontarkan dukungan. Pemain Inggris yang juga sarat kontroversi itu menilai itu Suarez hanya bermain dengan penuh risiko.

"Suarez adalah seorang pemain bagus di dunia sepakbola. Ya, dia memang sudah mengacau dan seharusnya dia tidak menggigit pemain lain tapi seorang pemain seperti dia harus bermain penuh risiko," tulis Barton di akun Twitternya @Joey7Barton, yang diwartakan Daily Mail.

"Tanpa hal itu dia tidak akan menjadi seornag pemain seperti sekarang. LFC (Liverpool FC) sudah gila jika tidak mendukung dia, menurut pendapatku.. jika mereka tidak (mendukung dia) aku yakin akan ada banyak klub-klub yang bermain di Liga Champions akan mengantre untuk mendapatkan dia."

Barton, yang kini dipinjamkan QPR ke Marseille, kemudian membandingkan insiden ini dengan tendangan kung-fu yang dilakukan legenda Manchester United Eric Cantona terhadap seorang pendukung Crystal Palace pada 1995.

"...apa yang Fergie lakukan dengan Cantona untuk mengetahui betapa berharganya Suarez. Dia memang begitu bagus. Setiap pendukung sepakbola ingin memiliki Suarez di tim mereka. Siapapun yang berkata sebaliknya itu omong kosong," tulis dia lagi.

Tidak lama kemudian, Barton mengklarifikasi ucapan sebelumnya. Namun begitu, menurut dia, kejadian Suarez ini tidak perlu dibesar-besarkan.

"Anda tidak bisa membela gigitan Suarez. Itu tidak patut mendapat belaan. Bagaimanapun Anda tetap bisa membela Suarez sebagai manusia, sebagai pemain."

"Orang-orang berlaku seakan-akan dia benar-benar memakan seseorang. Tidak ada seorangpun yang mati. Banyak hal yang lebih buruk terjadi setiap hari di setiap pekan. Lagipula dia sudah minta maaf. Dia akan mendapat denda dari klubnya Dia adalah seorang manusia, manusia mana yang tidak membuat kesalahan?'," pungkas Barton.

(rin/krs)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar