Jumat, 26 April 2013

Adilkah Hukuman 10 Laga Untuk Suarez?


Adilkah Hukuman 10 Laga Untuk Suarez?
Bola.net - Striker Liverpool Luis Suarez telah dijatuhi hukuman 10 laga oleh FA karena menggigit lengan bek Chelsea Branislav Ivanovic. Kubu The Reds terkejut dengan beratnya hukuman untuk sang striker.

Beberapa pihak menilai FA berlebihan dan tidak adil. Benarkah FA 'memusuhi' Suarez? Jika melihat beberapa kasus sebelumnya, sepertinya ada indikasi ke arah itu.

Sejumlah suara dari dunia maya membandingkan hukuman Suarez dengan pemain-pemain lain yang pernah melakukan tindakan tidak terpuji di persepakbolaan Inggris. Berikut beberapa di antaranya.

1. Suarez : Taylor
   
Suarez : Taylor
Pada 23 Februari 2008 silam, pemain Birmingham Martin Taylor melakukan pelanggaran yang membuat kaki striker Arsenal Eduardo da Silva patah.

Setelah laga, Arsene Wenger meminta Taylor dicekal seumur hidup. Presiden FIFA Sepp Blatter pun mendesak FA untuk menambah hukuman Taylor dari skorsing yang standar sebanyak tiga laga. Namun, FA menolak karena mereka menilai tidak ada niat buruk dari Taylor untuk mencederai Eduardo.

Eduardo sendiri baru bisa bermain lagi setahun setelahnya.


Kasus rasisme juga pernah mewarnai karier Suarez. Namun, dia bukan satu-satunya. Kapten Chelsea John Terry juga sama.

Saat rasisme Suarez terhadap Patrice Evra di musim 2011/12 membuatnya dijatuhi hukuman delapan laga, Terry hanya diskors empat laga akibat perkataannya pada Anton Ferdinand.

Untuk urusan gigit-menggigit, striker Tottenham Jermain Defoe juga pernah. Pada musim 2006/07 silam, Defoe melakukannya terhadap Javier Mascherano yang saat itu masih memperkuat West Ham. FA tidak mengambil tindakan lebih lanjut karena wasit Steve Bennertt sudah mengganjar Defoe dengan kartu kuning.


 (tel/101/gia)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar