Sabtu, 17 November 2012

Betapa Liverpool Membutuhkan Suarez


Novitasari Dewi Salusi - detikSport
Senin, 12/11/2012 13:05 WIB

FOTO:(Getty Images/Mike Hewitt)
Jakarta - Liverpool di musim ini masih sangat bergantung pada sosok Luis Suarez. Sumbangan gol serta assist-nya sangat berpengaruh pada posisi The Reds di klasemen saat ini.

Hingga Premier League berjalan 11 pekan, Liverpool masih tertahan di peringkat 13. Mereka baru mengumpulkan 12 poin hasil dari dua kemenangan, enam hasil imbang, dan tiga kali kalah.

Posisi Liverpool di klasemen itu tak lepas dari kontribusi Suarez. Selama 11 pekan, striker asal Uruguay itu sudah menyumbang delapan dari 14 gol Liverpool serta mencatatkan dua assist.

Ada fakta 'mengejutkan' dari catatan itu. Jika semua gol dan assist Suarez itu dihilangkan, maka Liverpool akan terbenam di dasar klasemen dengan hanya mengumpulkan satu poin dari hasil imbang tanpa gol melawan Stoke City.

Brendan Rodgers memang tak punya banyak pilihan untuk mengisi lini depannya. Suarez memang satu-satunya penyerang senior yang tersisa di skuat Liverpool saat ini.

Fabio Borini yang didatangkan dari AS Roma di bursa transfer musim panas lalu sedang dibebat cedera dan harus absen selama tiga bulan, terhitung sejak bulan Oktober lalu. Sementara nama-nama lain yang tersisa seperti Dani Pacheco dan Ousama Assaidi dinilai masih terlalu hijau untuk tampil di Premier League.

Terlepas dari hal itu, Suarez memang membuktikan diri sebagai pemain yang penting bagi Liverpool. Tak hanya kerap mencetak gol, Suarez juga sering mengkreasikan peluang.

Dilansir EPL Index, sebelum laga melawan Chelsea akhir pekan lalu, Suarez sudah menciptakan 30 peluang atau 2,4 peluang setiap laga, dengan torehan dua assist. Itu berarti setiap 34 menit, Liverpool punya kemungkinan untuk mencetak gol hanya dari Suarez seorang.

Rodgers sadar betul jika timnya terlalu bergantung pada Suarez. Karena itu, dia berharap bisa mendatangkan tandem untuk Suarez di bursa transfer bulan Januari mendatang.

"Jika kami, mudah-mudahan, bisa mendapatkan satu atau dua pemain di Januari yang bisa membantu kami di daerah penyerangan maka kami bisa mengubah hasil-hasil imbang menjadi kemenangan," sahut Rodgers di situs resmi klub.

"Luis hanya butuh dukungan dari para pemain dengan naluri mencetak gol yang hebat," katanya menambahkan.



( nds / a2s )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar