Jumat, 23 Desember 2011

Kaus Dukungan Liverpool untuk Suarez Dikritik


Doni Wahyudi : Sepakbola detikcom - Liverpool, Liverpool lantang membela Luis Suarez yang
dapat hukuman berat dari FA akibat
aksi rasisnya. Bentuk dukungan The
Reds dengan memakai kaus
bergambar sang striker kini justru
dapat banyak kritik. Saat melakukan pemanasan jelang
laga kontra Wigan Athletic, seluruh
pemain Liverpool memakai kaus
bergambar Suarez di bagian depan
dan nomor punggung tujuh di
belakang. Aksi tersebut merupakan bentuk dukungan The Reds setelah
sang striker dijatuhi hukuman
larangan bertanding delapan laga
plus denda usai dinyatakan bersalah
melakukan hinaan rasial pada Patrice
Evra. Sejak awal kubu 'Si Merah' memang
tegas menyatakan dukungan pada
Suarez. Mereka yakin kalau pemain
bintangnya itu tak bersalah atas
tuduhan melakukan aksi rasisme. Namun untuk aksi memakai kaus
dukungan sebelum laga Premier
League membuat Liverpool dapat
banyak kritikan. Banyak yang merasa
kecewa karena Liverpool masih
membela pemain yang sudah dinyatakan bersalah. "Sebagai mantan pesepakbola dan
berpengalaman dengan komentar-
komentar rasis sepanjang karier saya,
saya sedih melihat pemain Liverpool
menggunakan kaus itu malam
kemarin. Saya akan lebih senang jika mereka menggunakan kaos anti-
rasis," sahut mantan bek Manchester
United dan Aston Villa, Paul McGrath. Pernyataan senada datang dari striker
Blackburn Rovers, Jason Roberts.
"Sikap Liverpool soal masalah Suarez
membingungkan saya. Apakah
(Manchester) United akan mencetak
kaus Evra sekarang? Beberapa masalah lebih besar dibanding
sepakbola itu sendiri," seru Roberts di
akun twitternya. Dukungan Liverpool pada Suarez
dinilai sebagai sesuatu yang wajar.
Namun aksi menggunakan kaus yang
tercetak sosok si pemain dianggap
sebagai tindakan yang tak patut. "Saya pikir itu bukan tindaan yang
baik untuk menggunakan kaus itu.
Saya bisa paham pandangan klub
soal hal itu, tapi di masyarakat kita tak
bisa menerima rasisme dan
mendukung pemain yang menggunakan kata-kata rasis," sahut
eks Newcastle United, Olivier Bernard. "Tak masalah jika mereka
mendukung Suarez, tapi saya pikir itu
tidak tepat untuk memakai kaus itu
karena itu berarti mereka
mendukung penggunaan kata-kata
rasis. Saya sungguh tak paham dengan hal itu," simpul Bernard
seperti diberitakan Soccernet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar