Selasa, 03 Juni 2014

Welcome Home , Lambert

Mohammad Resha Pratama - detiksport
Getty Images via Liverpool FC/Andrew
Powell
LIverpool - Perjalanan panjang harus
ditempuh Rickie Lambert untuk bisa
kembali ke "rumahnya" di Liverpool.
Setelah bisa berada lagi di sana,
Lambert pun seakan tak percaya
akhirnya bisa berseragam merah-
merah.
Lambert (32 tahun) adalah kelahiran
Liverpool dan keluarganya adalah
fans berat Liverpoool. Wajar apabila
Lambert kecil kemudian masuk
akademi sepakbola The Reds di
Kirkby, yang kebetulan tempat lahir
dan tinggal Lambert.
Sayang karier Lambert di klub
pujaannya itu hanya sampai akademi
dan di umur 17 tahun, Lambert
memilih keluar dan sempat bekerja di
pabrik. Beruntung Blackpool
mencium bakat Lambert sebagai
penyerang dan mengontraknya secara
profesional di musim 1998/1999.
Jalan yang dilalui Lambert tak
mudah, berliku-liku, dan kalau boleh
dibilang semacam dongeng klasik
khas negara-negara Eropa. Memulai
segalanya dari bawah, Lambert di
awal kariernya bermain di divisi
kedua atau kompetisi kasta ketujuh
di Inggris.
Bahkan ia sempat tiga musim berada
di divisi ketiga bersama Blackpool
dan juga Macclesfield Town.
Sebelum dibeli Stockport Country
yang kala itu berlaga di divisi kedua.
Lalu Stockport promosi ke League
One musim 2004/2005 dan di tengah
musim Lambert kembali harus pindah
klub, kali ini ke Rochdale. Ia kembali
harus menjalani kompetisi tingkat
bawah kala Rochdale degradasi ke
League Two.
Pertengahan musim 2006/2007
Lambert pindah ke Bristol Rovers dan
sampai akhirnya pindah ke
Southampton di pertengahan musim
2009/2010, yang saat itu masih ada
di League One.
Promosi ke Championship di musim
2011/2012, Lambert pun kian dekat
ke impian seluruh pesepakbola
Inggris yakni Premier League , yang
kemudian didapatkannya di akhir
musim.
Apa yang Lambert harapkan selama
kariernya akhirnya tercapai dan ia
pun langsung "unjuk gigi" di Premier
League di mana 28 gol
disumbangkannya hanya dalam
tempo 75 laga di dua musim terakhir
ini.
Statistik yang tak begitu buruk tentu
bagi pesepakbola yang sudah
berkepala tiga dan menghabiskan
kariernya di kompetisi kasta
terbawah. Performa ini kemudian
memberikannya satu lagi tiket pulang
yang selama ini dia impi-impikan,
yakni bermain di Liverpool.

Setelah ada tawaran datang dari 'Si
Merah', Lambert pun tanpa ragu
menerimanya dan ia pun berhasil
mewujudkan impiannya tersebut.
Mulai musim depan pria bernama
lengkap Rickie Lee Lambert ini akan
menjadi pemain Liverpool dengan
durasi kontrak dua tahun.
"Aku tidak percaya ini. Aku sangat
mencintai klub ini sepanjang hidupku.
Aku tinggalkan klub ini di umur 17
tahun - dan aku tidak pernah bisa
berhenti mencintai sejak itu," ujar
Lambert seperti dikutip situs resmi
klub.
"Aku selalu bermimpi bermain di
Liverpool, tapi aku pikir peluang
untuk itu sudah hilang. Aku tidak
pernah berpikir kesempatan itu akan
datang lagi," sambungnya.
"Aku tahu betapa besarnya Liverpool
- dan itu sangat berarti untukku - tapi
aku tahu apa yang terpenting; aku
tahu apa yang harus aku lakukan di
lapangan dan setiap menit yang aku
mainkan. Aku tahu betapa
pentingnya itu dan aku akan fokus ke
sana."
Jadi, selamat kembali ke rumahmu,
Rickie!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar